Tips Bermain Video Game

2 min read

Untuk bisa lebih jago dalam bermain video game, seorang player harus sering melakukan latihan dan pastinya kemampuannya juga harus di tingkatkan lagi. Ini juga berlaku untuk semua pemain walaupun player tersebut masih di tingkat rendah.

1. Pastikan Player Memahami Game Yang Di Mainkan

sebelum player itu memikirkan apa yang ingin ia latih dan kembangkan, pastikan kamu mengerti yang kamu mainkan. Karena saya sedang membahas video game, ini berarti memahami cara kerja game tersebut.

Jika player ingin berlatih menggunakan karakter tertentu, cari tahu dulu cara kerja karakter tersebut. Jika kamu ingin menguasai elemen atau mekanik dalam game tersebut, cari tahu dulu cara kerjanya seperti apa.

Anggaplah si player ingin berlatih untuk memasuki dunia esports. Berarti player tersebut, harus berlatih dengan sungguh-sungguh agar tidak mendapatkan nilai yang minim saat seleksi.

Sebetulnya ada banyak cara untuk melakukan ini. Kamu bisa membaca berbagai panduan yang tersedia di internet dan langsung di praktekan di dalam game.

2. Tentukan Target Latihan Dengan Jelas Dan Di Waktu Yang Senggang

Ini adalah yang paling terpenting dan sering dilewatkan ketika player ingin bermain dan menjadi lebih baik. Sebelum mulai bermain, tentukan dahulu apa yang ingin player capai. Player tersebut ingin lebih jago di dalam melakukan apa di dalam game atau ingin mengevaluasi kekurangan yang yang mana.

Apa yang ingin player capai sebaiknya spesifik. Player tidak bisa jika sekedar mengatakan “ingin bermain sebagai tank dengan lebih baik”.  Ketika bermain ada banyak bagian dari permainan tank yang harus di perhatikan, mulai dari pengambilan posisi dan pergerakan lawan.

3. Selalu Perhatikan Lagi Hasil Latihan Si Player

Evaluasi diri juga penting untuk meningkatkan kemampuan. Dengan menilai kemampuan sendiri, player akan tahu apa saja kekurangan dan hal yang perlu kamu tingkatkan dalam permainan. Dari situ, kamu bisa menentukan bagaimana dan apa yang harus player fokuskan dalam latihan nya nanti.

Kalau player merasa kesulitan untuk mengevaluasi permainan mu sendiri, coba bandingkan dengan permainan orang lain yang terbukti lebih jago. Situs streaming seperti YouTube dan Twitch punya banyak video gameplay dari pemain profesional yang bisa kamu jadikan perbandingan untuk evaluasi.

4. Teruslah Belajar

Game modern saat ini, terutama game kompetitif atau esports, selalu mengalami perubahan. Ide dan cara bermain yang baru selalu lahir dari pemain di seluruh dunia. Di sisi lain, developer game juga selalu memberikan patch update dan membuat game yang player mainkan berubah.

Dengan adanya perubahan dan ide baru tersebut, apa yang player ketahui dan kuasai sebelumnya mungkin sudah tidak berlaku. Kamu akan dituntut untuk terus belajar, mencari tahu, dan mencoba hal baru yang belum pernah kamu lihat sebelumnya.

Contoh, menggunakan karakter yang player tersebut tidak bisa menggunakan atau menguasainya. Pasti akan merasa kesulitan karena, dia tidak mempelajari karakter tersebut.

5. Lakukan Terus-Menerus

Berlatih dan menguasai sesuatu tidak akan bisa dilakukan kalau kamu cuma melakukannya sekali. Kamu harus melakukannya berkali-kali, terus menerus sampai kamu otak, mata, dan tanganmu bisa melakukannya dengan cepat dan tanpa sadar.

Ketika bertindak, otak kita mengirimkan informasi ke otot untuk akhirnya melakukan tindakan tersebut. Berkali-kali melakukan tindakan yang sama terus menerus akan membuat proses pengiriman informasi tersebut.

Menjadi lebih cepat. Jadi, jika kamu melatih tindakan atau gerakan yang sama terus menerus, kamu akan melakukan gerakan tersebut dengan sangat cepat.

Tidak ada yang tahu pasti berapa lama dan berapa kali kamu harus berlatih melakukan gerakan atau tindakan yang sama terus menerus untuk bisa melakukannya secepat mungkin. Namun yang pasti, untuk menguasai sesuatu, berlatihlah terus menerus sampai kamu merasa bisa melakukannya dengan optimal, cepat, mudah, dan percaya diri.

Jadi, latihan seperti melakukan last hit di game MOBA, tidak bisa dilakukan hanya sekali. Lakukan terus menerus agar player bisa melakukannya dengan benar dan cepat seolah tanpa sadar.

6. Fokus, Disiplin, Dan Lakukan Dengan Teratur

Untuk membuat hasil latihan mu maksimal, fokus lah ketika melakukan latihan. Hindari segala seuatu yang bisa mengganggu konsentrasi mu ketika bermain untuk latihan, mulai dari handphone, media sosial, atau bahkan message dari temanmu di Steam atau Battle Net. Ini bertujuan agar kamu bisa fokus dan mencapai tujuan latihan mu saat itu.

Selain itu, pastikan kamu konsisten dan disiplin dalam melakukan latihan. Bagi jadwal latihanmu menjadi beberapa jam per minggu, diselingi dengan kegiatan lain atau free time sebelum, setelah, atau di sela-selanya.

Berlatih terlalu lama tiap hari hanya akan memberikan stres yang berlebih ke otak mu, dan merusak kondisi fisik mu. Itu malah akan membuat latihan mu menjadi tidak optimal sama sekali. Ingat, meskipun bermain game, kamu harus tetap menjaga kondisi fisik dan pikiran agar tetap prima.

Dan jika kalian sudah bisa memahami makna semua tips yang saya kasih, maka lakukan lah. Siapa tahu bakat kalian ada di bidang ini, jangan pernah ragu dalam mencoba hal yang baru. Dan jika ada kekurangan atau yang lainnya sampaikan lah dengan bijak. Terima Kasih

Dampak Negatif Game Online

Di masa seperti sekarang ini, mungkin sudah banyak orang yang mencari keuntungan melalui video game. Tetapi kebanyakan orang tidak mengetahui apa saja dampak buruk,...
Rico Prasetyo
1 min read

8 Kesalahan Gamer Pemula Pada Awal Bermain Video Game

Berikut, adalah 8 kesalahan yang dilakukan pada gamer pemula pada awal bermain video game. Tidak mengikuti tutorial tentang. Gimana cara mengatur strategi untuk memenangkan...
Rico Prasetyo
2 min read

One Reply to “Tips Bermain Video Game”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *