Sejarah Mouse, Kalian Wajib Tahu!

Sejarah Mouse

Siapa yang tidak mengenal tetikus (mouse)? Alat ini adalah salah satu hal terpenting dari sebuah komputer atau laptop (jika diperlukan).

Mouse juga dapat mengatur pergerakan kursor secara cepat, selain itu juga untuk memberikan suatu perintah dengan hanya menekan tombol pada mouse komputer. Dengan kemudahan tersebut, tidak terlepas dari sosok penemunya sendiri. Mohon dibaca sampai habis, agar dapat dipahami.

Tetikus (mouse) pertama kali dibuat sejak tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol. Dr. Douglas C. Engelbart lahir di Portland, Oregon, 30 Januari 1925 umur 87 tahun. Seorang pionir di bidang interaksi antarmuka komputer yang mengembangkan konsep hiperteks serta menemukan Mouse komputer.

Engelbart menyelesaikan studi S1 di bidang teknik elektro di Oregon State University pada tahun 1948, program master ddan UC Berkeley pada tahun 1953, dan Ph. D. dari UC Berkeley pada tahun 1955.

Dr. Douglas C. Engelbart

Mouse komputer padda tahun 1963 namun banyak juga yang mengatakan bahwa mouse sudah ditemukan ketika tahun 1957. Douglas merupakan seorang peneliti yang berasa dari Stanford Research Institute. Lantas, mengapa dinamakan “Mouse” komputer?

Karena, ketika pertama mirip dengan buntut atau ekor tikus yang panjang dan juga kecil, selain itu juga bentuknya juga menyerupai hewan pengerat tikus. Pada awalnya, laboratorium khusus bernama Augmentation Research Center (ARC) didirikan oleh Douglas Engelbart di tempat penelitiannya Stanford Research Insitute.

Ide mengenal mouse komputer pertama kali muncul di otak Douglas saat ia hadir dalam konferensi Komputer Grafis. Saat itu kursor yang ada di layar komputer Grafis. Saat itu kursor yang ada di layar komputer dianggap “bug” hingga bagaimana bisa “bug” tersebut bisa dimanfaatkan.

Baca juga: Pengertian, Fungsi dan Jenis Mouse

Eksperimen terus menerus dilakukan oleh sang penemu dengan melakukan berbagai macam uji coba dengan menggunakan benda-benda yang awalnya berbahan dasar kayu dan hanya terdapat satu tombol namun belum sempurna. Kemudian, dimodel selanjutnya benda hasil eksperimennya sudah dilengkapi dengan tiga tombol dimana besi sebagai bahan dasarnya dan roda penggerak yang menggunakan alumuminium.

Akhirnya, Mouse komputer temuan Douglas Engelbart berhasil diciptakan namun bentuknya masih mirip kotak tersebut, namun pada akhirnya kabel tersebut berada di depan mouse, ini merupakan model mouse komputer yang sekarang banyak digunakan.

Perlu diketahui penamaan “mouse” bukanlah Douglas Engelbart yang memberikannya, tetapi para peneliti di tempat Douglas Engelbart bekerja.

Paten pun kemudia diajukan oleh Douglas atas benda temuannya ini pada tahun 1967, sekaligus ia mendemonstrasikan beda temuannya ini kepada publik dan memberikan nama benda temuannya ini dengan X-Y Poosition Indicator sampai pada akhirnya terkenal hingga saat ini.

Benda hasil temuannya ini kemudia berhasil menarik orang-orang yang biasa disebut “the mother of all demos” dari Silicon Valley. Kemudian pada menyempurnakan mouse komputer temuan Douglas Engelbart yang kemudia penggunaannya secara komersil diubah oleh Apple dan juga Microsoft.

Atas jasa Douglas Engelbart dalam dunia komputer kemudian ia dianugerahi penghargaan, yaitu the National Medal of Technology yang diberikan oleh Presiden Bill Clinton.

Tetikus “mouse” bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Mouse yang lebih moderrn sudah tidak menggunakan bola lagi, melainkan menggunakan sinar optis untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth.

Saat ini, teknologi terbaru sudah memungkinkan tetikus memakai sistem laser sehingga resolusinya dapat mencapai 2.000 titik per inci, bahkan ada yang bisa mencapai 4.800 titik per inci. Biasanya, mouse model ini diperuntukkan bagi penggemar video game.

Baca Juga: Tips Bermain Video Game

Sekiranya hanya itu saja yang dapat dijabarkan mengenai sejarah Tetikus atau yang biasa disebut Mouse, terimakasih telah membaca Artikel saya sampai habis. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar