Pengertian ROM, Fungsi dan Cara Kerja

Halo. Kali ini saya akan menjelaskan apa itu, pengertian, fungsi dan cara kerja dari ROM (Read Only Memory). 

Baca juga: Pengertian dan Fungsi RAM.

Apa Itu ROM?

ROM

 

ROM adalah singkatan dari (Read Only Memory), yaitu suatu perangkat keras pada komputer atau yang berupa memori semikonduktor, yang isinya hanya bisa dibaca saja.

ROM tidak dapat digolongkan sebagai RAM (Random Access Memory). Walaupun keduanya mempunyai kesamaan, yaitu dapat diakses secara acak atau random.

Definisi ROM adalah salah satu memori yang terdapat didalam komputer. ROM ini mempunyai sifat permanen, yang artian program atau data yang disimpan didalam ROM tidak mudah hilang atau berubah-ubah, walau aliran listrik sudah dimatikan.

Menyimpan data didalam ROM tidaklah mudah, namun membaca data dapat dilakukan dengan mudah. Biasanya, program atau data yang diisi yang membuatnya.

Oleh karena itu, sifat ini biasa dipakai untuk menyimpan firmware (perangkat lunak yang berhubungan erat dengan perangkat keras).

 

Fungsi ROM

ROM

Pada umumnya ROM berfungsi untuk menyimpan firmware, dan dikomputer untuk menyimpan BIOS.

Dalam BIOS, ROM dapat langsung mengeksekusi secara tepat, tanpa menunggu untuk menyalakan perangkat media penyimpanan lainnya terlebih dahulu, berbeda dengan media penyimpanan lain. Meskipun memori ROM hanya dapat dibaca.

Cara Kerja ROM

ROMSeperti apa yang digambarkan diatas, begitulah cara ROM bekerja.

Input Devices > Data > ROM > Information > Output Devices.

Demikianlah penjelasan tentang Pengertian ROM (Read Only Memory), Fungsi dan Cara Kerja. Bentuk Terlengkap semoga dengan adanya pembahan diatas dapat menambah pengetahuan dan wawasan kalian.

Semoga bermanfaat. Terimakasih!

Published by Rico Prasetyo

Saya adalah seorang anak yang beruntung, yang ditunjuk Tuhan, untuk tinggal dengan keluarga yang sederhana.

Join the Conversation

1 Comment

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *