Pengertian RAM dan Fungsinya, Anda Wajib Tahu!

RAM itu apa sih? Yuk, simak!

Dibaca sampai habis ya Teman-teman.

Pengertian RAM

Ilustrasi RAM

RAM (Random Access Memory), adalah hardware didalam komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara (memori) dan sebagai instruktur program.

Isi RAM dapat diakses secara acak atau tidak, tergantung pengaturan tata letaknya. Data didalam RAM dapat hilang ketika komputer di non-aktifkan atau daya listrik ke power supply dicabut dari perangkat.

Kapasitas RAM didalam suatu komputer berpengaruh pada tingkat kecepatan proses data atau loading di komputer tersebut. Sehingga proses penyimpanan data, membuka data, dan menjalankan program, akan semakin cepat sesuai besarnya RAM komputer tersebut.

Struktur RAM dibagi menjadi 4 bagian, yaitu:

  1. Input storage, berfungsi untuk menampung input atau masukan yang dimasukkan dari alat input.
  2. Working storage, adalah bagian dari memori yang bertugas menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan.
  3. Output storage, berfungsi untuk menampung hasil akhir data yang akan ditampilkan ke perangkat output.

Fungsi RAM

Gambar RAM

Seperti yang disebutkan pada pengertian RAM di atas, fungsi RAM secara umum adalah untuk membaca dan menyimpan data. Berikut penjelasannya:

1. Membaca Data

Semua data dan informasi yang disimpan di dalam harddisk dapat dibuka dengan lebih cepat karena peran dari RAm komputer.

Coba bandingkan kecepatan loading membuka file atau program saat pertamakali diakses dengan saat file atau program tersebut telah dibuka sebelumnya. Saat program atau file dibuka, maka data dibaca dan disimpan dalam RAM sementara sehingga akan lebih cepat dibuka kembali ketika komputer belum di-shutdown.

2. Penyimpanan Sementara

RAM juga dapat berfungsi sebagai tempat menyimpan data sementara saat program didalam komputer sedang dijalankan. Jadi, ketika kita mengerjakan sesuatu, misalnya membuat makalah, maka komputer akan menyimpan data sementara.

Namun, data tersebut harus disimpan secara permanen untuk mencegah terjadinya kerusakan atau kehilangan, karena hal-hal tidak diduga. Misal, listrik padam atau lonjakan arus listrik yang tidak stabil.

Jenis-jenis RAM

Ilustrasi

Berikut adalah beberapa jenis RAM. Yuk, simak!

1. Dynamic RAM (D RAM)

D RAM adalah jenis yang disegarkan oleh CPU (Central Processing Unit) secara berkala agar data yang ada di dalamnya tidak hilan.

2. Sychronous Dynamic Random Access Memory (SD RAM)

SD RAM adalah jenis RAM lanjutan dari DRAM, namun telah mengalami sinkronisasi oleh clock time. Umumnya SD RAM lebih cepat dibandingkan DRAM.

3. Double Rate Random Access Memory (DDR RAM)

DDR RAM adalah jenis RAM dengan teknologi lanjutdan dari SD RAM. DDR RAM juga memiliki generasi terbaru, yaitu DDR2 dan DDR3 dan kemunkinan akan terus berlanjut.

4. Rambus Dynamic Access Memory (RDR RAM)

adalah jenis RAM yang proses kerjanya lebih cepat dan umumnya lebih mahal dari SD RAM. Jenis SD RAM digunakan pada perangkat komputer yang menggunakan Pentium 4.

5. Static Random Access Memory (S RAM)

adalah jenis RAM yang dapat menyimpan data di dalamnya tanpa harus ada penyegaran/ refresh dari CPU. Jenis RAM ini proses kerjanya lebih cepat dari D RAM dan SD RAM.

6. Extended Data Out Random Access Memory (EDO RAM)

adalah jenis RAM yang digunakan pada perangkat dengan OS Pentium. Jenis memori ini dapat melakukan proses penyimpanan dan mengambil data dalam waktu bersamaan.

Mungkin hanya ini saja, yang dapat saya jelaskan. Semoga bermanfaat, Terimakasih!

Published by Rico Prasetyo

Saya adalah seorang anak yang beruntung, yang ditunjuk Tuhan, untuk tinggal dengan keluarga yang sederhana.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *