Pengertian Hardware, Fungsi dan Jenis Hardware

Pada pembahasan kali ini saya akan mengulas tentang hardware. Penjelasan yang meliputi pengertian hardware, jenis hardware, fungsi hardware yang akan dibahas dengan lengkap dan mudah dimengerti.

Untuk lebih jelasnya silakan simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Pengertian Hardware

Hardware
Ilustrasi Hardware

Pengertian hardware adalah segala piranti atau komponen dari sebuah komputer yang sifatnya bisa diraba secara langsung. Dengan kata lain hardware merupakan komponen yang memiliki bentuk nyata.

Hardware atau perangkat keras berfungsi untuk mendukung segala proses dalam komputerisasi dan bekerja sesuai perintah yang sudah ditentukan penggunanya atau yang sering disebut dengan brainware.

Komputer memiliki beberapa komponen yang bekerja bersamaan, untuk mengolah informasi mentah menjadi informasi baru yang mudah dimengerti oleh manusia.

Jika salah satu komponen tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya, maka proses pengolahan informasi/data pada komputer tidak berjalan dengan baik.

Fungsi Hardware

Hardware
Ilustrasi Hardware

Seperti yang dijelaskan di atas, pengertian hardware adalah komponen dalam komputer yang dapat diraba secara langsung dan memiliki fungsi tertentu.

Masing-masing hardware komputer memiliki fungsi yang berbeda. Secara umum, ada empat fungsi utama dari hardware, diantaranya adalah:

1. Menerima Input

Hardware tertentu memiliki fungsi khusus untuk menerima input yang dilakukan oleh user. Masukan tersebut nantinya akan diproses menjadi informasi baru.

2. Memberikan Output

Setelah diproses, hardware tertentu akan memberikan output atau keluaran kepada user. Setiap output yang dilihat oleh user akan ditampilkan melalui hardware khusus.

3. Mengolah Informasi/ Data

Setelah menerima masukan atau input, beberapa hardware memiliki fungsi khusus untuk mengolah atau memproses input tersebut menjadi informasi baru.

4. Menyimpan Data/ Informasi

Output yang dihasilkan oleh komputer, dapat disimpan dalam perangkat penyimpanan sekunder pada komputer. Hardware untuk menyimpan data tidak hanya terpasang di dalam komputer,  ada juga hardware yang dipasang di luar.

Jenis Hardware

Untuk melengkapi pengertian hardware di atas, berikut ini adalah tiga jenis hardware atau perangkat keras:

1. Perangkat Masukan (INPUT)

Hardware
Gambar Mouse dan Keyboard

Input device merupakan hardware atau perangkat keras yang berfungsi untuk memasukkan data atau informasi ke komputer. Data atau informasi tersebut dapat berbentuk gambar, teks, video, dan audio.

Beberapa contoh input device antara lain:

  1. Keyboard
  2. Mouse
  3. Microphone
  4. Webcam

2. Perangkat Pemrosesan

CPU
Gambar CPU

Process device merupakan perangkat komputer yang berfungsi untuk mengolah atau memproses berbagai data dan informasi yang dimasukkan ke dalam komputer. Process device dapat juga disebut sebagai ‘otak’ komputer karena dapat memproses informasi yang dimasukkan ke komputer.

Beberapa contoh process device adalah:

  1. CPU (Central Processing Unit)
  2. VGA (Video Graphics Adapter)
  3. RAM (Random Access Memory)
  4. PSU (Power Supply)

3. Perangkat Keluar (OUTPUT)

Hardware
Gambar Monitor

Output device merupakan perangkat dalam komputer yang berfungsi untuk menampung dan menghasilkan data-data di dalam komputer yang kemudian dikeluarkan melalui perangkat lain yang terhubung ke komputer.

Misalnya, informasi atau data yang dikeluarkan dalam bentuk gambar, teks, video, dan audio. Beberapa hardware untuk ouput device tersebut diantaranya:

  1. Monitor komputer
  2. Proyektor
  3. Printer

4. Perangkat penyimpanan

Harddisk
Gambar Harddisk

Perangkat penyimpan merupakan hardware yang dapat menyimpan informasi dan data, baik perangkat di dalam komputer maupun di luar. Salah satu contoh adalah harddisk yang berfungsi sebagai alat penyimpanan data di dalam komputer.

Penyimpanan data tidak hanya dapat dilakukan dalam komputer, namun bisa juga dilakukan di luar komputer dengan harddisk eksternal.

5. Perangkat Tambahan (PERIFERAL)

Hardware
Gambar Modem

Periferal merupakan hardware yang berfungsi membantu komputer, dalam menjalankan perintah dari pengguna.

Modem adalah salah satu contoh perangkat tambahan pada komputer yang berfungsi menghubungkan perangkat komputer dengan jaringan internet.

Demikianlah penjelasan singkat tentang pengertian hardware, fungsi hardware, jenis-jenis hardware untuk menambah wawasan pengetahuan kamu.

Terimakasih!

Satu pemikiran pada “Pengertian Hardware, Fungsi dan Jenis Hardware”

Tinggalkan komentar