Pengertian Dan Fungsi Motherboard

2 min read

motherboard dan komponen lainnya

Bila pada sebelumnya telah dijelaskan bahwa PROCESSOR, adalah otak dari sebuah komputer, maka motherboard dapat dikatakan tulang belakang komputer.

Bila membongkar isi dari komputer anda, maka anda akan menemukan sebuah, papan besar dan di dalamnya terdapat banyak komponen-komponen.

Dan, berikut adalah pengertian serta fungsinya!

Pengertian Motherboard

motherboard dan komponen lainnya

Motherboard atau mainboard, yaitu papan sirkuit yang ditempat kan oleh banyak komponen elektronik komputer, yang saling terhubung seperti pada PC atau Macintosh.

Pengertian lain motherboard, adalah papan utama berupa PCB (Printed Circuit Board), yang bertindak sebagai tulang belakang dari sebuah komputer, sebab.

Motherboard menyediakan sebuah konektivitas yang disebut BUS, sehingga semua komponen dan perangkat eksternal pada motherboard, tersebut dapat terhubung.

Di motherboard inilah, semua komponen komputer terpasang, seperti CPU, slot RAM, slot PCI dan port USB. Dan motherboard juga mempunyai kemampuan untuk mengontrol perangkat.

Seperti hard drive, DVD drive, keyboard dan juga mouse. Intinya motherboard lah yang membuat seluruh komponen komputer untuk saling bekerja sama.

Fungsi Motherboard

Peran dari sebuah tulang belakang komputer bukanlah yang tidak beralasan, karena motherboard memiliki macam fungsi. Fungsi utamanya, adalah sebagai papan yang menampung komponen pada komputer.

Motherboard juga berfungsi untuk mengatur kode. BIOS (Basic Input Output System), pada chip read only memory (ROM).

Kode BIOS ialah sebuah firmware, yang mana tidak akan hilang meski komputer dalam kondisi off dan juga tidak dapat diubah, oleh proses normal maupun aplikasi software.

Selain itu motherboard atau mainboard, terdapat banyak sekali kumpulan slot yang memungkinkan penggunaan komponen atau perangkat eksternal.

Dan mampu meningkatkan fleksibilitas dari komputer itu sendiri. Perangkat tersebut, adalah printer, keyboard, mouse, harddisk dan joy stick.

Perangkat tersebut, dapat dihubungkan dengan komputer dengan menghubungkannya langsung ke port-port yang telah disediakan.

Jenis-Jenis Motherboard

1. Tipe motherboard AT (Advanced Technology)

tipe motherboard

Ini, adalah tipe motherboard yang pertama kali di keluarkan oleh IBM pada Agustus 1984, lalu digunakan secara luas pada tahun 1980.

Motherboard tipe ini memiliki ukuran yang sangat besar, yaitu 12 x 13.8 inci, karena ukurannya terlalu besar sehingga tidak muat di desktop mini.

Dan motherboard jenis ini, masalahnya adalah sulit saat melakukan instalasi, troubleshooting dan mengupgrade karena jarak komponen saling berdekatan.

Dan versi lain dari motherboad AT, adalah motherboard baby AT yang mempunyai ukuran lebih kecil, yakni 8.5 x 13 inci.

Sehingga pada saat motherboard jenis ini jarang digunakan, dan diganti dengan motherboard jenis baru, yaitu ATX (Advanced Technology Extended).

2. Tipe Motherboard ATX (Advanced Technology Extended)

fungsi

Setelah IBM, intel juga mengembangkan motherboard tipe terbaru pada tahun 1990, dan yang mana merupakan sebuah peningkatan pada tipe sebelumnya, yakni AT (Advanced Technology).

Bentuk dari pada, motherboard ini lebih kecil dibandingkan dengan yang pertama kali di keluarkan oleh intel. Sehingga jarak pada setiap komponen mengalami peningkatan dan mudah dipasang.

Dan motherboard jenis ATX (Advanced Technology Extended), masih digunakan sampai tahun 2017 terakhir.

3. Tipe Motherboard LPX (Low Profile Extended)

Tipe

Motherboard ini diciptakan di tahun yang sama dengan motherboard jenis, ATX (Advanced Technology Extended). Yakni pada tahun 1990-an.

Motherboard ini dirancang untuk digunakan pada casing Slimline atau low profile, yang di desain sedemikian rupa untuk mengurangi penggunaan space ruangan dan biaya.

Hal ini bertujuan untuk mengurangi tinggi dari sebuah casing, karena casing komputer dipengaruhi kartu expansi itu sendiri, meskipun hal ini tidak disarankan.

4. Tipe Motherboard BTX (Balanced Technology Extended)

jenis motherboard

Tipe motherboard, ini dikembangkan untuk mengurangi beberapa masalah yang muncul pada saat menggunakan teknologi terkini.

Karena teknologi yang baru cenderung menggunakan daya lebih besar dan juga menghasilkan panas yang lebih, tidak seperti jenis motherboard lainnya.

BTX secara total melepaskan diri dari bentuk jenis ATX yang saat ini sedang populer, tetapi kabel listrik BTX adalah sama dengan pasokan listrik ATX.

5. Tipe Motherboard ITX (Information Technology Extended)

Mini ITX

Motherboard jenis ini di rancang oleh VIA, adalah format yang sangat kompak untuk konfigurasi mini PC. Sedangkan jenis yang sama dengan motherboard ini, adalah nano ITX (Information Technology Extended).

Sekarang anda yang telah membaca artikel ini sampai dengan selesai telah mengetahui. Mengenai pengertian, fungsi, dan juga tipe motherboard. Saya rasa cukup sampai sini dulu penjelasan tentang motherboard dan fungsi dari pada motherboard, Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *