Pengertian, Fungsi dan Jenis Monitor

Jika Anda pernah menggunakan komputer, maka sudah pasti tidak asing lagi dengan perangkat yang satu ini. Monitor adalah salah satu perangkat yang ada di komputer. perangkat monitor tergolong kedalam perangkat keras komputer di bagian output.

Monitor memiliki peranan yang sangat penting pada sebuah komputer. Tanpa keberadaan monitor, sebuah perangkat komputer cenderung akan sangat sulit untuk digunakan.

Pengguna Komputer atau Laptop memang sudah mewabah, didalam dunia teknologi. Tapi, kebanyakan orang hanya memakai-nya saja, tanpa tahu apa itu definisi dari sebuah Monitor.

Jadi, kali ini saya akan membahas tentang Pengertian, Fungsi dan Jenis yang dimiliki beberapa Monitor, baca sampai habis ya.

Pengertian Monitor

Monitor, kata ini berasal dari Bahasa Inggris yang berarti “mengamati”. Sedangkan, definisi dari monitor adalah sebuah hardware atau perangkat keras yang digunakan untuk menampilkan data berupa gambar, grafik, teks, simbol maupun angka. Data tersebut berasal dari berbagai sumber seperti perangkat satelit dan CPU pada komputer.

Monitor memiliki istilah yang lebih familiar tergantung dari perangkat yang dihubungkan. Pada perangkat komputer, monitor disebut sebagai layar komputer. Sedangkan pada perangan televisi, monitor disebut dengan layar televisi. Keduanya merupakan hardware yang sama-sama memiliki fungsi output.

Fungsi Monitor

Fungsi monitor adalah menampilkan data-data visual yang didapat dari perangkat pengolah grafis (VGA card). Data-data visual tersebut sebelumnya berupa data digital. Nah, di sinilah peran monitor sebenarnya. Yaitu mengubah data digital menjadi data visual yang kini bisa Anda lihat ketika menjalankan monitor komputer.

Monitor memiliki peranan yang sangat penting pada sebuah komputer. Tanpa keberadaan monitor, sebuah perangkat komputer cenderung pasti akan sangat sulit untuk digunakan, kecuali dihubungkan dengan perangkat output video lainnya seperti projector, ohp, dll.

Jenis Monitor

Sampai saat ini, setidaknya sudah ada 4 jenis monitor yang digunakan dalam perangkat komputer maupun perangkat elektronik lainnya. Sebagai berikut:

1. Monitor CRT (Chatode Ray Tube)

Monitor yang dibuat dengan memanfaatkan teknologi sinar katoda yang diletakan didalam tabung. Monitor CRT (Chatode Ray Tube) adalah monitor terrtua yang masih banyak digunakan, hingga saat ini. Karena menggunakan tabung katoda, monitor CRT sering disebut dengan monitor tabung, oleh para penggunanya.

2. Monitor LCD (Liquid Cristal Display)

Monitor yang dibuat dengan memanfaatkan teknologi pancaran sinar media kristal. Monitor dengan jenis LCD cenderung jauh lebih ramping, dibanding dengan monitor CRT. Tidak hanya itu, tingkat resolusi dan kualitas gambar yang bisa ditampilkan oleh monitor ini jauh lebih baik.

3. Monitor LED (Light Emiting Diode)

Monitor yang dirakit dengan memanfaatkan teknologi dioda, lampu yang mampu memancarkan emisi cahaya. Meski tidak jauh berbeda, akan tetapi monitor LED jauh lebih tipis, debanding monitor LCD.

4. Monitor Plasma

Monitor yang dibuat dengan memanfaatkan teknologi gas neon maupun xenon, yang diletakan antara dua pelat kaca. Dibandingkan dengan seluruh monitor yang sebelumnya, monitor plasma adalah monitor yang terbaik dalam hal kualitas gambar yang dihasilkan atau tampilkan.

Sekian sudah pembahasan mengenai Pengertian, Fungsi dan Jenis Monitor. Terimakasih sudah mau membaca artikel saya sampai habis, semoga dapat menambah wawasan kita semua.

Tinggalkan komentar