Pengertian, Fungsi dan Jenis Mouse

Mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer, selain keyboard. Karena bentuk mouse sangat mirip dengan tubuh tikus, dan juga kabelnya yang menjulur seperti ekor tikus.

Serta mempunyai fungsi utama, yaitu kursor, yang bergambar seperti anak panah. Seperti yang anda lihat depan monitor komputer anda.

Ketika kita mengoperasikan perangkat komputer, perangkat yang satu ini tidak pernah absen, karena merupakan bagian penting untuk menunjang pengoperasian komputer secara keseluruhan.

Sejarah Mouse

Mouse pertama kali ditemukan pada tahun 1963, oleh seorang penemu dari Amerika, Stanford Research Institute, bernama Dr. Douglas C. Engelbart.

Mouse yang pertama adalah sebuah perangkat yang sederhana. Terbuat dari kayu, memiliki satu tombol kecil disebelah kanan atasnya, kemudian memiliki dua roda besi di dalamnya.

Saat itu, alat ini diberi nama resmi “Indikator posisi XY”, untuk sebuah sistem tampilan. Karena, bentuknya memiliki yang panjang, dan pesan seekor tikus, kemudian alat ini dipanggil tikus.¬†Kursor di layar sebenarnya mempunyai nama “bug” (serangga), tapi nama ini tidak menjadi popular.

Pada awalnya, Douglas mencoba untuk menemukan Pointing Device (alat penunjuk) yang lain, seperti alat yang di gerakkan oleh dagu atau hidung. Tetapi, mouse lah yang paling sederhana dan paling mudah digunakan.

Mengenai mouse ini, kemudian dikembangkan oleh perusahaan Apple, Inc. Maka dari itu, Apple lah yang akhirnya mendapatkan paten dari pengguna mouse.

Pengertian Mouse

Mouse atau “Tikus”, alam istilah buku bahasa Indonesia-nya, adalah salah satu perangkat keras (Hardware) dalah sebuah komputer, yang berfungsi sebagai alat input selain keyboard.

Mouse di kategorikan sebagai sebuah pointing device, gerakan kursor di layar monitor mewakili pergerakan dari piranti mouse itu sendiri.

Dengan mengarahkan kursor mouse pada ikon/GUI (Graphic User Interface) tertentu, kemudia mengeksekusi perintah dengan cara mengklik-nya, seorang pengguna dapat menjalankan perintah tertentupada program komputernya.

Mouse adalah peralatan inputan yang berfungsi untuk meng-gerakkan pointer yang ada pada layar monitor, untuk menjalankan suatu program atau icon-icon perintah yang ada pada layar monitor, dengan cara melakukan klik kiri, klik kanan, klik dua kali drag dan drop, atau scroll lock.

Fungsi Mouse

1. Untuk Menjalankan Suatu Program

Mouse memiliki peranan penting, untuk memulai menjalankan suatu program yang terdapat pada komputer. Selain itu, dengan mouse kita juga bisa membuka file.

2. Untuk Memilih Objek

Dengan menggunakan mouse, kita akan lebih mudah untuk memilih file atau program yang ingin kita buka atau jalankan.

3. Melakukan Drop and Drag

Drop and drag merupakan salah satu fungsi mouse yang dapat mempermudah kerja kita. Hanya dengan mouse, kita dapat menarik file yang ingin pindah atau ingin kita salin.

4. Melakukan Operasi Scroll

Fungsi mouse ini, hanya ada pada mouse generasi baru yang, yang dimana memiliki tambahan seperti bola atau ban kecil yang terdapat ditengah-tengah bagian depan mouse.

Dengan bagian ini, scrolling juga biasanya digunakan untuk menjelajah suatu halaman ketika sedang melakukan browsing di internet.

Operasi scroll pada mouse ini juga menggantikan arrow (tanda panah kebawah) pada keyboard. Selain itu, jika fungsi mouse yang satu ini juga bisa digunakan untuk menurunkan atau menaikan volume suara, di layar monitor.

5. Fungsi Lain Mouse

Fungsi lain dari mouse adalah ketika digunakan untuk tingkat lebih lanjur, seperti untuk mendesain sebuah gambar, dan program-program tertentu.

Jenis-jenis Mouse

1. Bus Mouse

Mouse seperti ini dapat terkoneksi di PC melalui bus, mouse ini digunakan untuk pertama kali kalah diluncurkannya komputer IBM untuk umum.

Sudah dikatakan, bahwa mouse ini daoat terkoneksi ke PC melalui perangkat bus yang telah terintegrasi pada ISA add-in card.

2. Mechanical Mouse

Mechanical mouse, yakni mempunyai komponen yang mirip sekali dengan bola di bagian bawhnya. Baguan mirip bola itu juga ternyata bisa bergerak ke segala arah.

Ketika bola tersebut sedang bergerak, maka sensor yang terdapat di dalam mouse akan mendeteksi arah pergerakan bola dan mengisyaratkan ke monitor dengan gerakan yang sama.

3. Optomechanical Mouse

Optomechanial mouse memiliki prinsip yang sama dengan mechanical mouse. Selain mempunyai komponen yang mirip dengan bola, ternyata mouse berjenis ini juga terdapat sinar yang merepsentasikan posisi koordinat pointer.

4. Optical Mouse

Optical mouse ini sudah tidak menggunakan komponen yang mirip dengan bola  lagi. Melainkan, optical mouse menggunakan sinar laser untuk mendeteksi pergerakan mouse.

Teknologi yang terdapat pada optical mouse, serta membuat kinerjanya jauh lebih presisi dibandingkan dengan mouse sebelumnya.

5. Serial Mouse

Walaupun sudah jarang beredar, namun mouse jenis ini sempat popular di awal masa penggunaannya. Mouse ini dapat terkoneksi ke PC hanya denggan disambungkan melalui serial port, adalah sebuah medua komukasi digital yang mana sinyalnya dikirimkan dengan cara bit per bit.

6. USB Mouse

Mouse jenis ini, sebenarnya sama saja dengan versi sebelumnya, hanya saja terdapat sedikit perbedaan dibagian port-nya. Pasalnya, mouse yang satu ini sudah menggunakan port USB untuk menghubungkan mouse itu sendiri ke PC.

7. Wireless Mouse

Hampir semua teknologi yang menggunakan kabel dan bersangkutan dengan komputer, telah ber-evolusi dijalur wireless, termasuk juga mouse. Artinya, semua hal yang berhubugan dengan wireless, pastinya tidak memerlukan kabel untuk menghubungkannya dari satu perangkat ke perangkat lain.

Begitu juga dengan mouse wireless yang tidak memerlukan kabel sama sekali, untuk mentransmisikan sinyal pergerak, melainkan hanya menyalurkan sinyal pergerakan tersebut melalui wireless yang diterima receiver device chip.

Mungkin ini saja, yang dapat saya jabarkan, mengenai Sejarah, Pengertian, Fungsi dan Jenis Mouse. Jika ada saran, boleh ketik di kolom komentar, agar saya bisa memperbaiki-nya, terimakasih.

Tinggalkan komentar