Pengertian Fiber Optik, Fungsi dan Cara Kerja, Anda Wajib Tahu

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian dari kabel fiber optik. Memang sudah kabel sudah tidak asing lagi, bagi orang yang telah menjalani hidupnya sebagai teknisi jaringan, tetapi banyak juga orang yang tidak tahu apa itu fiber optik.

Fiber optik adalah salah satu inovasi perkembangan teknologi transmisi data, yang sangat besar pengaruhnya pada dunia telekomunikasi, kecepatan akses yang tinggi dalam suatu jaringan, pastinya menjadi hal yang utama untuk keperluan browsing di internet.

Yuk dibaca sampai habis.

Pengertian Fiber Optik

Gambar Kabel F.O

Fiber optik merupakan jenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat kecil (harus hati-hati dalam memegang kabel), berukuran 120 mikrometer seperti rambut, bahkan bisa lebih tipis dari rambut manusia.

Tetapi, dengan kemampuan menghantarkan data hingga puluhan kilometer jauhnya tanpa terjadi kehilangan data yang sigifikan.

Sebagaimana kabel pada umumnya, yang berfungsi untuk menghantarkan listrik atau sinyal tertentu, demikian juga fungsi dasar dari fiber optik. Perbedaannya dengan kabel tembaga adalah sinyal listrik diubah terlebih dahulu menjadi cahaya dan menyalurkan melalui serat kaca yang berbentuk helaian.

Kabel fiber optik yang biasa ditanam dibawah gorong-gorong atau laut, bisa terdiri dari beberapa ratus helai optik, dan setiap helai optik tersebut bisa menghubungkan hingga 20.000 panggilan telepon, bahkan lebih.

Jadi, dengan hanya beberapa kabel fiber optik saja bisa dengan mudah menghubungkan hingga jutaan panggilan telepon. Bisa dibandingkan dengan kabel tembaga yang sangat terbatas dalam kemampuan trasnfer data, maupun jangkauan transmisi.

Fungsi Fiber Optik

Gambar Kabel F.O

Mengacu pada pengertian fiber optik diatas, fungsi serat optik pada dasarnya sama seperti kabel lainnya, yaitu untuk menghubungkan antar komputer dalam suatu jaringan komputer.

Tetapi, letak perbedaan antara fiber optik dengan jenis kabel lainnya adalah kemampuannya dalam memberikan kecepatan tinggi hal akses dan transfer data,

Selain itu, serat optik juga tidak mengalami gangguan elektromagnetik, seperti halnya kabel lainnya, karena pada kabel ini tidak terdapat arus listrik.

Karena, kelebihan fiber optik tersebut, proses instalasi juga harus dilakukan oleh para ahli sehingga membuat biaya instalasinya menjadi lebih mahal. Pada umumnya, perusahaan operator telekomunikasi lebih memilih memakai kabel fiber optik ini, karena banyak kelebihan yang bisa di dapat.

Cara Kerja F.O

Sebelumnya, sudah sempat dijelaskan bahwa kabel fiber optik tidak mengalirkan listrik, namun cahaya.

Listrik yang diperoleh, di konversikan menjadi sinyal cahaya dan dialirkan antar komputer yang terhubung dalam suatu jaringan yang berskala besar. Hal ini menjadikan kabel fiber optik sangat cocok digunakan pada wilayah dengan banyaknya gangguan elektromagnetik.

Jika kabel coaxial atau twisted panjang kabel seringkali menjadi penghambat, namun hal ini tidak berlaku bagi kabel fiber optik. Bahan baku yang terbuat dari serat kaca murni, mampu membawa cahaya untuk mentransmisikan data secara terus menerus, tanpa menghiraukan panjang kabel yang digunakan.

Intinya, kabel fiber optik menggunakan cara kerja dengan memanfaatkan cermin untuk menghasilkan total internal reflection atau refleksi total pada bagian serat kaca.

Itulah pengertian fiber optik yang perlu diketahui kebanyakan orang, terutama jika anda ingin melakukan instalasi jaringan.

Meski harganya diatas rata-rata, tetapi dengan melihat manfaat serta keuntungan yang diperoleh, maka sangatlah wajar.

Baca juga: Pengertian, Fungsi dan Jenis Monitor

Tinggalkan komentar