Pengertian CMOS dan Fungsinya beserta Cara Kerja

CMOS (Compelementary Metal Oxide Semi Conductor), adalah perangkat keras kecil komputer berupa baterai yang ditanamkan di dalam motherboard, untuk memberi daya pada saat komputer dalam keadaan mati atau tanpa aliran listrik.

Fungsi CMOS

CMOS

CMOS berfungsi sebagai RAM berukuran kecil, yaitu 64 byte untuk menyimpan settingan BIOS (Basic Input Output System), sehingga seluruh pengaturan yang anda simpan baik itu settingan boot, settingan tanggal dan waktu, pembacaan seluruh hardware atau input output, akan tetap tersimpan walaupun tanpa aliran listrik.

CMOS komputer merupakan pengembangan teknologi MOS yang mampu menciptakan IC dengan kebutuhan tenaga baterai yang cukup rendah.

Dalam teknologi komputer pada dasarnya CMOS difungsikan untuk untuk menyimpan informasi dasar seperti program konfigurasi, program diagnostic, settingan tanggal dan waktu agar tidak hilang sekalipun komputer sudah di matikan.

Cara Kerja CMOS

Cari Tahu, yuk!

CMOS dikenal dengan kekebalan desainnya yang tinggi dan penggunaan daya statis yang rendah. Pada saat power supply mulai dihidupkan, CMOS akan menjalankan serangkaian pemeriksaan untuk memastikan sistim berfungsi dengan benar.

Salah satu pemeriksaan tersebut adalah menghitung pemakaian RAM (Random Access Memory). Karena, delay boot time yang digunakan untuk pemeriksaan, maka seringkali kita memilih untuk non-aktifkan fitur ini dalam CMOS dan memilih untuk quick boot.

Jika anda menginstall RAM yang baru, sebaiknya fitur pemeriksaan diaktifkan terlebih dahulu, hingga RAM telah diperiksa dengan baik setelah itu barulah di non-aktifkan.

Jika POST (Power On Self Test) sudah selesai, selanjutnya CMOS akan memeriksa pengaturan lainnya, seperti memeriksa format harddisk dan konfigurasi RAID (Redundant Array of Independent Disk), preferensi boot, kehadiran peripheral dan tweak overclocking.

Sebenarnya banyak pengaturan yang dapat anda rubah secara manual. Namun, sebaiknya perubahan dapat anda lakukan jika anda benar-benar mengerti maksud dari konfigurasi tersebut. Mengubah pengaturan sembarangan, bisa jadi akan membuat sistem anda tidak bisa berjalan normal ketika komputer dihidupkan.

Untuk meng-konfigurasi pengaturan CMOS, biasanya dapat anda lakukan dengan cara menekan tombol F2 atau F3, pada saat komputer pertama kali dihidupkan. Jika menu CMOS sudah terbuka, disana anda akan bisa melakukan perubahan seperti, boot priority, tanggal dan waktu, aktifkan numlock saat komputer hidup, dan lain sebagainya.

Jika pengaturan sudah selesai dan anda anggap benar, jangan lupa untuk menekan F10 untuk menyiman perubahan yang anda lakukan. Nah, sekarang sudah jelaskan apa Pengertian CMOS Dan Fungsinya.

Mungkin hanya ini saja penjelasan yang bisa saya rangkum. Jika kurang jelas, silahkan berkomentar. Terimakasih!

 

Published by Rico Prasetyo

Saya adalah seorang anak yang beruntung, yang ditunjuk Tuhan, untuk tinggal dengan keluarga yang sederhana.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *