Pengertian Dan Fungsi Processor

2 min read

Processor merupakan salah satu perangkat keras komputer yang sangat penting bagi komputer. Bagaimana tidak, tanpa adanya sebuah processor, maka komputer tersebut tidak akan bekerja sebagaimana mestinya. Apa saja fungsi dari sebuah processor? Berikut ini adalah pengertian dan fungsi dari sebuah processor.

1. Pengertian Processor

processor

Processor adalah, sebuah perangkat keras yang menjadi otak dari sebuah komputer dan apabila PC tanpa Processor maka tidak dapat digunakan.

Processor juga sering disebut, sebagai pusat pengendali yang di dukung oleh komponen lainnya. Processor juga merupakan suatu IC yang mengontrol keseluruhan jalannya, sebuah sistem di komputer.

Dan letak dari Processor, adalah pada bagian socket yang telah tersedia di bagian motherboard. Lalu, processor juga bisa dapat diganti Processor lainnya, asalkan processor tersebut sesuai dengan socket pada motherboard.

Adapun, merk Processor yang sangat dikenal seperti. Intel, AMD, IBM, Cyrix VIA, dan IDT. Namun ada 2 Perusahaan yang terkenal dunia sebagai pengembang Processor jenis, INTEL dan AMD.

Processor juga memiliki tugas untuk membagi pekerjaan pemrosesan data kepada seluruh komponen komputer, dan ini dilakukan dalam kecepatan yang sangat tinggi.

Dan itu, menjadi salah satu penyebab Processor menjadi cepat panas. Oleh sebab itu Processor biasanya di lengkapi dengan kipas pendingin. Namun ada hal terpenting yang selalu terlupakan yaitu.

Nilai TDP processor harus sesuai dengan motherboard nya. Bagian terpenting dari processor adalah:

ALU (Arithmetic Logical Unit) : Melakukan semua perhitungan aritmatika (MATEMATIKA), yang sesuai dengan instruksi program.

CU (Control Unit) : Pengatur lalu lintas data seperti, input dan output.

MU (Memory Unit) : Alat penyimpanan kecil, namun punya akses (yang) cukup tinggi.

 

2. Fungsi Processor

1. Menjalankan pemrosesan informasi pada komputer :

Fungsi pertama sebuah processor adalah, menjalankan pemrosesan informasi pada sebuah komputer. Ya, komputer merupakan serangkaian alat elektronik yang di susun berdasarkan arsitektur dan juga penyusunan tertentu.

Salah satu komponen terpenting yang ada di dalam sebuah komputer adalah, informasi. Komponen informasi ini dapat diproses oleh sebuah komputer, dengan menggunakan fungsi dari sebuah Processor.

Processor akan memproses segala bentuk informasi yang dimiliki oleh komputer, dan juga memproses informasi yang dimasukkan ke dalam komputer. Semua pekerjaan akan di tangani oleh Processor.

2. mengintegrasikan keseluruhan komponen internal komputer supaya dapat saling bekerja sama :

Fungsi berikutnya, dari sebuah processor adalah untuk mengintegrasikan keseluruhan komponen internal yang ada di dalam komputer.

Komponen tersebut berupa. Chipset, harddisk, RAM, VGA, dan lainnya, sehingga keseluruhan komponen tersebut bisa.

Bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing. Semua komponen tersebut, nantinya akan terhubung dengan komponen processor, sehingga dapat terintegrasi dengan komponen lainnya.

3. Mencegah terjadinya overlapping pada tugas setiap komponen :

Sebagai otak komputer, maka processor juga memiliki fungsi dan juga tugas penting lainnya, yaitu mencegah agar tidak terjadi overlapping pada setiap komponen komputer.

Jadi, ketika kita akan mengakses sebuah data atau informasi, maka si processor akan memastikan bahwa komponen yang bekerja adalah harddisk.

Dan, bukannya komponen lain yang tidak berhubungan dengan proses pengambilan data. Hal ini tentunya sangat berkaitan erat dengan fungsi dari processor.

Untuk, mengintegrasikan setiap komponen komputer yang ada ke dalam satu kesatuan yang utuh sesuai dengan fungsinya masing-masing, di dalam sebuah kinerja komputer.

4. Menjaga performa dari sebuah komputer :

Merupakan, salah satu fungsi lainnya dari sebuah processor. Semakin baik kualitas dan juga spesifikasi dari sebuah processor, semakin tinggi pula kualitas dan performa komputer.

Processor, seringkali dianggap menjadi salah satu indikator dari bagaimana sebuah komputer dapat bekerja. Semakin banyak inti pada sebuah processor.

Dan, juga semakin tinggi kecepatan processor tersebut, maka sebuah komputer akan dianggap menjadi lebih cepat.

5. Mengolah perhitungan algoritma dalam menjalankan perintah yang di berikan :

Sebuah komputer akan berjalan dengan mengandalkan sebuah perhitungan algoritma. Perhitungan algoritma tersebut diolah, sedemikian rupa.

Hingga, nantinya sang komputer bisa membaca apa yang di inginkan dan juga di perintahkan oleh user, sehingga fungsi utama dari komputer berjalan dengan baik.

Nah, untuk mendukung fungsi pengolahan algoritma ini, maka processor sudah pasti memegang peranan yang sangat penting. Processor membantu perhitungan algoritma didalam komputer.

Jumlah inti 

Jumlah inti dari processor sangat mempengaruhi kinerja komputer. Semakin banyak jumlah inti, maka pekerjaan dari sebuah processor akan menjadi ringan, karena bisa ditangani oleh banyak inti. Inti dari sebuah processor dilambangkan dengan sebuah core, mulai dari single core hingga octa core.

3 Replies to “Pengertian Dan Fungsi Processor”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *